Langsung ke konten utama

KERAJAAN ARA BUMI PANRITA LOPI BULUKUMBA SULAWESI SELATAN

SEJARAH


Pada awal abad ke-16 adalah awal berkembangnya sebuah kekuatan pada kerajaan-kerajaan kecil yang ada di Bulukumba baik dari segi ekonomi, pertahanan, serta, dapat mejalankan kekuasaannya dengan begitu baik sebagai penguasa kerajaan. Hanya saja ancaman dan tantangan sering datang dan pergi.



Kerajaan yang ada di Bulukumba adalah Kajang Amma toa. Setelah kerajaan berdiri mulailah aturan Adat di budayakan ini yang terjadi di kerajaan kajang. Dan ada beberapa kerajaan kecil yang ada di Bulukumba perlu kita tahu bahwa sebelum nama bulukumba ada kerajaan kecil ini sudah ada terlebih dahulu, penamaan Bulukumba baru di bentuk setelah adanya pertentangan antara kerajaan Gowa dan kerajaan Bone.





Di abad ke-16-17 di masa itu kerajaan Bone dan kerajaan Gowa bertikai dalam perebutan wilayah kekuasaan yaitu daerah bangkeng buki’, yang berada di wilayah Bulukumba sekarang.



Akhirnya kedua kerajaan ini kembali berdamai serta mendukung para raja yang ada di Bulukumba tetap mempertahankan dan menjaga wilayah kekuasaan mereka.




Karena mereka sudah tau kelicikan Belanda dan para sekutunya, mereka mengadu domba semua raja-raja supaya saling bertikai. Karena Belanda berpikir jika semua kerajaan bersatu maka semakin sulit untuk di kuasai.

SILSILAH DARI LONTARA KARAENG ARA




- https://www.wartaekspres.com/danyonif-726-tml-resmikan-dan-serahkan-gapura-rumah-adat-ke-kerajaan-polongbangkeng/ 


- Kerajaan Ara Bontohari ada kerajaan di Sulawesi, Kab. Bulukumbaprov. Sulawesi SelatanGelar raja: Karaeng
- The kingdom of Ara Bontohari was located in the district of Bulukumba, south Sulawesi.
- https://sultrakini.com/berita/raja-se-nusantara-dan-internasional-berkumpul-di-festival-wakatobi-wave-2017



Komentar

  1. Kebetulan saya sedang menulis skripsi tentang kerajaan ara akan tetapi saya kekurangan referensi. Dimana saya bisa mendapatkan buku ini ? Terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR KERAJAN KUTAI MULAWARMAN

Structure of Kutai Mulawarman Kingdom : Emperor : Prof. Dr. Hc. M.S.P.A. Iansyahrechza. Fw. Ph. D. Emperess : Dr. Hc. M.S. Karmila. PD. Ph. D. Crown Prince : M.M. Nala Indra Fachrucha Dilaya, Queen Mother : Dr. Hc. M.S. Rakni. DG. Ph. D. 1. M.M. Srinila Mayang Mulawarni Pertiwi. 2. M.M. Srinila Wadzra Fadmi. 3. Mahaputri Srinila Mirniwati Board of Ministry Kutai Mulawarman Kingdom : 1. Prime Minister : Dr. Hc. S.R.N. Arsil. MW. S. Pd. Ph.D. 2. Vice of Prime Minister : S.R.N. Rahmadi. WW. S.Pd. Ph.D. 3. Head Commander : Prof. Dr. Hc. Ir. S.B.R. Mohammad Helmi Djamani. MT. Ph.D. 4. Ministry of Secretary : Dr. Hc. S.R.N. Arie Danu Saputra. Ph,D. 5. Ministry of Foreign Affairs : Prof. Dr. S.R.M. Yasrin.MP., SE., Ph.D. 6. Ministry of Internal Affairs : Dr. Hc. S.R.N. Effendi Manaf Wangsa Yuda, SE.M.Si . 7. Ministry of Treasury : Dr. Hc. S.B.R. La ode Rusdin Unga. Wj, SH, MBA, Ph.D. 8. Ministry of Law and Humanity : Dr. Hc. Aji Sri Pangeran Iwan Gazali, S.Ag. SH.Ph.D. 9. Ministry o

KERAJAAN BAJENG POLONGBANGKENG TAKALAR SULAWESI SELATAN

SEJARAH Tentang Kekaraengan Polongbangkeng Pembentukan Polongbangkeng diperkirakan pada tahun 1816, dimana pada waktu Inggris meninggalkan Hindia Belanda. Pada waktu itu daerah Polongbangkeng terdiri dari Malewang, Moncongkomba, Bontokadatto, Lassang dan Lantang serta daerah dai gaukang perkampungan yakni Pattalassang, Sompu, Bilacaddi, Pasoleang, Salaka, Sabintang, Tamasongo, Sambila, Sayowang dan anaauang. Dari beberapa daerah ini polongbangkeng dipimpin oleh Tumalompona Polongbangkeng yakni Daeng Manompo.